Gandeng Komisi IX DPR RI, BPJS Kesehatan Sosialisasikan Program JKN Pada Masyarakat Kubu Raya

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Pontianak bersama anggota Komisi IX DPR-RI Alifudin gelar sosialisasi Program JKN kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Selasa (18/10/2022).

Sosialisasi yang dilakukan di aula kantor Bupati Kubu Raya ini dihadiri lebih dari 200 masyarakat yang berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Selaku anggota Komisi IX DPR-RI Alifudin mengajak masyarakat Kubu Raya untuk memahami pentingnya memiliki jaminan kesehatan melalui Program JKN yang telah disediakan pemerintah.

“Kita bersama telah mengetahui bahwa sejak adanya Program JKN masyarakat semakin mudah untuk mengakses layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau, jika dulunya masyarakat enggan berobat karena biaya yang mahal, kini masyarakat dapat menggunakan Kartu JKN nya untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah,” ujar Alifudin.

Ia menambahkan tentu dalam perjalanannya masih ada hal-hal yang harus dimaksimalkan, melalui sosialisasi bersama ini diharapkan masyarakat dapat menyampaikan masukannya untuk perbaikan pelaksanaan Program JKN kedepan.

Senada dengan hal tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Desvita Yanni mengatakan BPJS Kesehatan akan terus berupaya untuk meningkatkan pemahaman terkait Program JKN kepada masyarakat, salah satunya yaitu dengan menggandeng mitra kerja yang mempunyai fungsi pengawasan tingkat pusat yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) untuk bersama-sama mensosialisasikan Program JKN.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses administrasi layanan kesehatan BPJS Kesehatan juga menciptakan inovasi layanan berbasis digital.

“BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan yang praktis dan mudah diakses oleh masyarakat tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan yaitu melalui aplikasi Mobile JKN dan layanan chat Pandawa,” jelas Desvita.

Desvita menyebut, aplikasi Mobile JKN memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan Program JKN, mulai dari pendaftaran, perubahan data peserta, pengecekan iuran, informasi faskes terdekat, pendaftaran antrean faskes, melakukan skrining kesehatan, sampai menyampaikan pengaduan dapat di akses melalui aplikasi Mobile JKN.

Masyarakat dapat dengan mudah mendownload Aplikasi Mobile JKN melalui Playstore ataupun Appstore di Smartphone milik peserta.

“Selain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga menghadirkan layanan melalui PANDAWA (Pelayanan Administrasi dengan Whatsapp). Masyarakat dapat menghubungi nomor Pandawa di nomor 08118165165 untuk dapat mendapatkan layanan melalui chat Whatsapp,” jelas Desvita.

Pada akhir sosialisasi Desvita mengajak seluruh masyarakat Kubu Raya untuk dapat mendukung pelaksanaan Program JKN.

“Program JKN merupakan program asuransi kesehatan sosial milik seluruh rakyat Indonesia, tanpa dukungan dan gotong-royong dari seluruh pemangku kepentingan program ini tentu tidak dapat berjalan maksimal,” jelas Desvita.

Desvita menghimbau kepada masyarakat yang mampu namun belum menjadi peserta segera menjadi peserta JKN untuk melindungi diri dari risiko biaya besar layanan kesehatan, bagi yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN jangan lupa untuk rutin membayar iuran setiap bulannya agar kepesertaan tetap aktif dan tidak terhambat saat akan mendapatkan layanan kesehatan.

Source : https://www.kuburayakab.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top